Berita

Prodi PWK Fakultas Teknik Unpas Ingin Unggul dan Mendunia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) yang terkemuka pada tingkat nasional, berwawasan global dan unggul yang mengusung nilai kesundaan dan keislaman di tahun 2021 adalah visi dari prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Unpas (PWK Unpas).

Sekertaris Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, Furi Sari Nurwulandari ST. MT mengatakan beberapa hal yang dilakukan oleh prodi untuk meningkatkan kualitas mahasiswanya.

“Seperti menyelenggarakan pendidikan tinggi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota yang berkualitas dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi dalam bidang perencanaan dan manajemen kota, wilayah, transportasi dan infrastruktur dengan mengusung nilai kesundaan dan keislaman,” ujarnya kepada Pasjabar, belum lama ini.

“Kami berupaya menyelenggarakan pendidikan tinggi serta menciptakan sistem pengajaran yang dapat membangun karakter lulusan yang berwawasan global dan berdaya saing tinggi,” jelasnya.

Disamping itu juga menyelenggarakan penelitian dan pemberdayaan pada masyarakat yang memiliki nilai manfaat bagi masyarakat, mewujudkan sistem tata pamong yang efisien dan terintegrasi dan menjaga dan memelihara budaya sunda dan keislaman.

“Kami banyak melaksanakan  pengajaran di kelas maupun di luar kelas, kerena memang program studi wilayah Kota sangat erat dengan eksperimen dan simulasi perencanaan baik untuk kota maupun kabupaten,” terangnya.

Furi menambahkan bahwa ada banyak hal yang dipelajari oleh mahasiswa PWK mulai dari demografisnya, sosial ekonomi, aspek tata lahan, infrastruktur dan transportasi  serta aspek fisik ruang.

“Kami juga kerap melaksanakan Penelitian yang bekerjasama dengan berbagai pihak, seperti mengikuti jurnal nasional dan internasional bahkan sudah banyak yang mengikuti konferensi ditingkat internasional,” ulasnya.

Adapun pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa lewat berbagai kegiatan seperti  aksi peduli lingkungan diantaranya  membangun sumur-sumur tanah diperkotaan untuk mengurangi potensi kekeringan, mengembangkan lahan publik agar lebih produktif, seperti toga dan akua kultur atau penanaman ikan di taman-taman RW.

“Kami berupaya menghasilkan lulusan yang dibutuhkan oleh pasar sesuai dengan perkembangan dan peluang. Tidak hanya menjadi lulusan yang pintar dalam merencanakan tatanan di awal saja, tapi bagaimana membuat rencana ruang yang berkelanjutan dengan sumber daya yang ada,” jelasnya.

Furi melanjutkan bahwa  kekhasan dalam prodi Perencanaan Kewilayahan dan Kota adalah dalam pendekatan akademis, tidak hanya fokus dalam teori tapi juga praktis, mahasiswa disiapkan menjadi profesional. Berkapasitas dalam merencanakan, proses pengelolaan atau managemen, baik di urban maupun regional.

“Dalam konteks pembangunan suatu wilayah, posisi teratas leadingnya adalah ahli perencanaan wilayah dan kota yang disupervisi oleh arsitek dan pembangunannya oleh infrasturktur yang diwakili sipil dan ahli tata bangunan. Oleh karena itu penting membentuk pijakan- pijakan jiwa kewirausahaan guna menciptakan peluang-peluang yang terkait dengan suatu ruang, sehingga menghasilkan repsentasi technopreneurship,”  terangnya.

Saat ini prodi Perencanaan Wilayah dan Kota pun tengah mempersiapkan diri dalam memajukan kelembagaan agar mendapatkan akreditasi A untuk prodi.

“Kami berharap bahwa lulusan prodi PWK akan semakin kompetitif. Selain itu juga banyak regenerasi dosen muda untuk bisa memberikan faktor kemajuan prodi khususnya di aspek pengajaran yang disesuaikan dengan paradigman pengembangan saat ini yaitu revolusi 4.0 itu. Dan semakin  bermanfaat  lewat berbagai pengabdian dan kolaborasi dengan lembaga lainnya,” pungkasnya.(Tan)

Sumber : https://pasjabar.com/prodi-pwk-fakultas-teknik-unpas-ingin-unggul-dan-mendunia/

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published. Required fields are marked *