Berita

Unpas Raih Akreditasi A

BANDUNG, (PR).- Setelah berproses selama dua tahun, akhirnya Universitas Pasundan meraih Akreditasi Institusi Perguruan Tingi (AIPT) A.
Rektor Unpas Eddy Jusuf mengatakan, persiapan selama dua tahun akhirnya membuahkan hasil. Unpas menjadi perguruan tinggi swasta keempat di Jabar yang mendapat AIPT A.

“Kami perhatikan betul rekomendasi asesor supaya lebih hebat lagi. Terima kasih kepada para orangtua yang mempercayakan pendidikan anak-anaknya kepada kami,” kata Eddy di sela-sela Dies Natalis ke-58 Unpas di Taman Lalu Lintas, Sabtu, 29 Desember 2018.
Ia menjelaskan, selama persiapan ini Unpas membentuk tim yang beranggotakan tujuh orang ditambah satu koordinator. Setiap anggota bertanggung jawab menyiapkan standar untuk meraih AIPT A. Tim ini akan dipermanenkan. Tugasnya memonitor dan mengevaluasi akreditasi sampai ke tingkat program studi.
Dari 25 prodi yang ada, 18 prodi telah mendapat akreditasi A. “Targetnya A semua selama empat tahun ke depan,” ujar Eddy.

Ia menambahkan, pada 2021 nanti Unpas bersiap menjadi komunitas akademik internasional. Unpas akan memfasilitasi pembelajaran jarak jauh yang bisa diikuti mahasiswa dari luar negeri.
“Unpas menyiapkan infrastruktur, studi rekaman, dan IT nya. Begitu 2021 sudah siap menjadi komunitas akademik internasional,” tuturnya.

Ketua Umum Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi merasa bangga dengan pencapaian Unpas ini. Ia berharap prestasi ini bisa diikuti oleh perguruan tinggi lain yang diasuh oleh Paguyuban Pasundan. “Kalau Unpas bisa, yang lain harus bisa,” katanya.

Pencapaian ini, kata Didi, menjadi modal yang baik untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. Selanjutnya Unpas harus terus meningkatkan sumber daya manusianya.
“Jangan terlena. Ke depan ber asis digit, tuntutan akreditas pula perlu penyiapan kurikulum,” ujarnya.***

Berita Terkait