Sejarah

Sejarah Program Studi PWK Unpas

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pasundan berdiri digagas oleh Prof. Dr. Iman Sudirman, DEA yang pada waktu itu menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik Unpas periode 1992-1995 beserta jajarannya PD 1 yaitu Dr. Ir. Abdurohim, PD 2  Ir. Adang Kadarusman, M,Sc dan PD 3 yaitu  Ir. Eddy Jusup, SP., M.Si. Inisiasi ini berlanjut dengan membentuk Tim Persiapan Pendirian Teknik Planologi yang ditunjuk sebagai ketua adalah Ir. Supratignyo Aji, MT, dengan anggotanya adalah ; Ir. Agus Benyamin ; Ir. Lili Mulyatna, MT ; dan Ir. Ani Rochaeni, MT. Atas kerjasama dan usaha keras tim tersebut, lahirlah Jurusan Teknik Planologi pada tahun 1995, tercatat dalam SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No 400/DIKTI/Kep/1995 tentang Pemberian Status Terdaftar Kepada Jurusan Teknik Planologi Fakultas Teknik  Universitas Pasundan. Saat itu, Jurusan Teknik Planologi Unpas berada dibawah Fakultas Teknik.

Pada tahun 1996, terjadi perubahan fakultas, yaitu Fakultas Teknik terbagi dua, menjadi Fakultas Teknik Industri serta Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Jurusan Teknik Planologi tergabung dibawah Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan bersama Jurusan Teknik Lingkungan. Sejak tahun 2002, terjadi perubahan dimana Fakultas Teknik Industri dan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan digabungkan kembali menjadi Fakultas Teknik.

Perubahan nama Jurusan Teknik Planologi menjadi Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota terjadi seiring dengan perkembangan zaman, dan pada saat pengajuan Reakreditasi BAN-PT pada Tahun 2014, berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014 telah sah menjadi Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota dan terakreditasi dengan nilai B. Saat ini Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pasundan sedang dalam proses pengajuan Reakreditasi kembali.

Dari sejak tahun 1995 hingga saat ini, periode kepemimpinan di Prodi PWK Unpas adalah sebagai berikut:

  1. Periode kepemimpinan pertama (1995-1996), Ketua Prodi adalah Bapak Ir. Supratignyo Aji, MT. serta Sekretaris Ir. Agus Benyamin.
  2. Periode kepemimpinan kedua (1997-2000), Ketua Prodi adalah Bapak Ir. Supratignyo Aji, MT. serta Sekretaris Dr. Ir. H. Budi H. Pirngadie, MT.
  3. Periode kepemimpinan ketiga (2000-2003), Ketua Prodi dijabat oleh Dr. Ir. Budi H. Pirngadie, MT beserta Sekretaris Dr. Ir. Ari Djatmiko, MT.
  4. Periode kepemimpinan keempat (2004-2007), Ketua Prodi dijabat oleh Dr.Ir. Ari Djatmiko, MT beserta Sekretaris Ir. Reza Martani Surdia, MT.
  5. Periode kepemimpinan kelima (2008-2011), Ketua Prodi dijabat oleh Dr.Ir. Ari Djatmiko, MT beserta Sekretaris Ir. Reza Martani Surdia, MT.
  6. Periode kepemimpinan keenam (2012-2016), Ketua Prodi dijabat oleh Ir. Reza Martani Surdia, MT beserta Sekretaris Ir. Jajan Rohjan, MT.
  7. Periode kepemimpinan ketujuh (2016-2019), Ketua Prodi dijabat oleh Ir. Reza Martani Surdia, MT beserta Sekretaris Furi Sari Nurwulandari, ST., MT.
  8. Periode kepemimpinan kedeapan (2020-2024), Ketua Prodi dijabat oleh Deden Syarifudin, ST., MT beserta Sekretaris Furi Sari Nurwulandari, ST., MT.

Sejak pertama penyelenggaraan pendidikan tinggi Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, telah dilakukan beberapa kali reakreditasi program studi dari BAN-PT. Hasil akreditasi sampai 2018 adalah terakreditasi B.

Sampai saat ini, tercatat telah terdapat lebih dari 500 alumni Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pasundan.

Berikut para Pembina dan Dosen baik yang masih dan yang telah Purna bhakti mengabdikan diri , ilmu dan pengalamannya dalam mengasuh dan mengembangkan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pasundan :

Prof. DR. Joko Sujarto, M.Sc.

Merupakan Guru Besar PWK-SAPPK-ITB yang berjasa membina Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Pasundan Sejak Berdiri 1995 sampai dengan akhir hayatnya.

Prof. DR. Ir. Benedictus Kombaitan, M.Sc.

Guru besar PWK-SAPPK-ITB yang telah berjasa membina Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Pasundan sejak berdiri Tahun 1995.

I F Poernomosidhi Poerwo Ir., M.Sc., Ph.D, MCIT, MIHT

Merupakan Pegawai/Mantan Petinggi PU yang telah berjasa membina /Mengajar di Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Pasundan Sejak Berdiri 1995 sampai dengan akhir hayatnya.

Ir. Sakti Prajitno, M.Sc

Merupakan Pegawai/Mantan Petinggi PU yang telah berjasa membina/Mengajar di Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Pasundan Sejak Berdiri 1995 sampai dengan akhir hayatnya.

Ir. H. Agus Benyamin

Merupakan pendiri Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Beliau mengabdikan diri sebagai pengajar di Universitas Pasundan khusunya telah berjasa pada Prodi PWK hingga pensiun Tahun 2014.

Ir. H. Iif Syarifudin, M.Si

Merupakan dosen pada awal pendirian Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Beliau mengabdikan diri sebagai pengajar di Universitas Pasundan khusunya berjasa pada Prodi PWK hingga akhir hayatnya.

Sekllas kegiatan pada masa lalu yang diselenggarakan oleh Prodi PWK pada kegiatan akademik dan kemahasiswaan sebagai berikut :