SEJARAH PROGRAM STUDI

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pasundan berdiri sebagai Jurusan Teknik Planologi pada tahun 1995, terdaftar sebagai Jurusan Teknik Planologi dengan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No 400/DIKTI/Kep/1995 tentang Pemberian Status Terdaftar Kepada Jurusan Teknik Planologi Fakultas Teknik Di Lingkungan Universitas Pasundan di Bandung. Saat itu, Jurusan Teknik Planologi Unpas berada dibawah Fakultas Teknik.

Pada tahun 1996, terjadi perubahan fakultas, yaitu Fakultas Teknik terbagi dua, menjadi Fakultas Teknik Industri serta Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Jurusan Teknik Planologi tergabung dibawah Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan bersama Jurusan Teknik Lingkungan. Sejak tahun 2002, terjadi perubahan dimana Fakultas Teknik Industri dan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan digabungkan kembali menjadi Fakultas Teknik.

Perubahan nama Jurusan Teknik Planologi menjadi Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota terjadi seiring dengan perkembangan zaman, dan pada saat pengajuan Reakreditasi BAN-PT pada Tahun 2014, berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014 telah sah menjadi Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota dan terakreditasi dengan nilai B. Saat ini Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pasundan sedang dalam proses pengajuan Reakreditasi kembali.

Dari sejak tahun 1995 hingga saat ini, periode kepemimpinan di Prodi PWK Unpas adalah sebagai berikut:

  1. Periode kepemimpinan pertama (1995-1996), Ketua Prodi adalah Bapak Ir. Supratignyo Aji, MT. serta Sekretaris Ir. Agus Benyamin.
  2. Periode kepemimpinan kedua (1997-2000), Ketua Prodi adalah Bapak Ir. Supratignyo Aji, MT. serta Sekretaris Dr. Ir. H. Budi H. Pirngadie, MT.
  3. Periode kepemimpinan ketiga (2000-2003), Ketua Prodi dijabat oleh Dr. Ir. Budi H. Pirngadie, MT beserta Sekretaris Dr.Ir. Ari Djatmiko, MT.
  4. Periode kepemimpinan keempat (2004-2007), Ketua Prodi dijabat oleh Dr.Ir. Ari Djatmiko, MT beserta Sekretaris Ir. Reza Martani Surdia, MT.
  5. Periode kepemimpinan kelima (2008-2011), Ketua Prodi dijabat oleh Dr.Ir. Ari Djatmiko, MT beserta Sekretaris Ir. Reza Martani Surdia, MT.
  6. Periode kepemimpinan keenam (2012-2016), Ketua Prodi dijabat oleh Ir. Reza Martani Surdia, MT beserta Sekretaris Ir. Jajan Rohjan, MT.
  7. Periode kepemimpinan ketujuh (2016-2019), Ketua Prodi dijabat oleh Ir. Reza Martani Surdia, MT beserta Sekretaris Furi Sari Nurwulandari, ST., MT.

Sejak pertama penyelenggaraan pendidikan tinggi Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, telah dilakukan beberapa kali reakreditasi program studi dari BAN-PT. Hasil akreditasi sampai 2018 adalah terakreditasi B.

Sampai saat ini, tercatat telah terdapat lebih dari 500 alumni Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pasundan.